RSS Feed

Perkebunan

Sekarang ini banyak orang mulai mengebunkan rempah-rempah dan buah yang tadinya dianggap tidak begitu penting atau menguntungkan.  Seperti halnya Pala dan sirsak. Tanaman pala mulai banyak yang mengebunkan,bukan hanya sebagai rempah-rempah tapijuga untuk diambil minyak atsirinya. Sedangkan tanaman sirsak selain buahnya,daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai herbal.   Sehingga bibit tanaman ini harganya meroket dan menjadi buruan para pekebun baru.  Selain itu bibit Jabon dan

Jabon merah atau samama juga banyak dicari karena keunggulan kayunya dan daya tahannya di lahan. Jabon merah bisa juga digunakan untuk keperluan furniture. Sedangkan jabon putih umumnya untuk palet dan pulp.

 

Walaupun tren-nya sudah menurun tapi yang namanya sengon tetap banyak dicari orang,karena masa produksinya yang tidak terlalu lama, sekarang memang kalah bersaing dengan jabon.  Trembesi kini menjadi polupar karena dapat menyerap banyak karbon, jadi sekarang banyak proyek penghijauan dengan kayu trembesi.  Karena harganya relatif murah,menggantikan mahoni. Sekarang mahoni lebih cenderung untuk tanaman industri karena kayunya bisa dijadikan furniture dan lumayan mahal.

Kayu keras lainnya adalah Eboni,tapi jarang orang yang menanam kayu eboni ini,padahal kayu hitam ini cukup bagus.  Di Angel Nurserry ada juga pohon Kaya, kayu sejenis mahoni yang tahan disegala lahan. Ecalyptus deglupta dan Ecalyptus pellita, kedua tanaman ini sangat baik ditanam,sayang hanya industri yang menanamnya padahal dibanding sengon,pohon ini lebih baik dari segi ketahanan dan kualitas kayunya. Ini terjadi karena kedua jenis kayu ini belum populer di masyarakat. Padahal kayu ecucalyptus degupta menarik warnanya dan sering disebut kayu pelangi.

Kayu pavorit lainnya adalah jati Solomon dan Gmelina atau jati putih.  Kalau jati merah sejenis solomon mungkin sudah populer dan sering disebut juga jati jumbo.  Tapi jati putih atau gmelina sebenarnya pohonnya cepat bertumbuh, satu setengah tahun saja bisa tinggi 5meteran dengan diameter lebih dari 20 cm.  Sayang, seperti halnya eucalyptus, gmelina belum banyak yang tahu keunggulan kayunya.

Lihatlah…gmelina sangat lurus tegak dan kayunya berbobot seperti halnya jati dan samama. Penggunaannya untuk furniture dan bahan bangunan sangat cocok.

Tanaman pavorit lainnya adalah aren, pohon ini digunakan daunnya, buahnya dan juga sagunya.  Kebutuhan akan bibit aren sekarang meningkat drastis karena dimanfaatkan juga untuk pembuatan etanol. Masa depan aren akan menjadi tanaman komoditi yang layak diperhitungkan.

Sedangkan tanaman penghasil wewangian jenis kayu adalah Gaharu dan Cendana. Bila gaharu harus diinokulasi, cendana tak memerlukan perlakuan khusus. Hasil tanaman ini dijual per kilogram, bukan lagi per batang.

Jadi menanam pohon ini dalam jumlah sedikitpun bisa menghasilkan profit yang besar, hitung-hitung investasi jangka panjang di lahan yang sempit.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

By: Angel Nurserry, http://www.angelnurserry.co.cc                                                                   e-mail : part.thesun@gmail.com                                                                                               089638140473

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: