RSS Feed

Menanam Uang di Lahan Sempit

 

Pohon tin kami yang ada di depan kantor dari perumahan type 22 telah menghasilkan uang jutaan rupiah.  Kami telah memperbanyaknya melalui cangkok dan peminat pohon tin begitu banyak sehingga walaupun belum diambil dari pohon indukannya, cangkok-annya sudah dipesan orang.

Inilah yang menginspirasi kami menuliskan artikel ini.  Karena dari pengalaman itu ter-nyata lahan yang sempit dapat menghasilkan uang yang banyak.  Berikut ini kami usul-kan tanaman yang bisa menghasilkan uang di lahan sempit.  Walaupun anda mena-namnya sebagai hobi.

1.  Tin, tanaman ini mudah berbuah, banyak kasiatnya untuk jantung dan anti oksidannya tinggi. Tanamannya bisa dibentuk/dipangkas sehingga tidak terlalu tinggi. Jenis tin Negron dari Perancis dan Black Ischia dari Italia harga cangkokannya bisa diatas dua ratus ribu rupiah per pohon.

2.  Aglonema, semahal apapun tanaman ini adalah jenis yang mudah dibudidayakan, jadi menanam aglonema adalah menanam tanaman yang akan bertambah banyak. Pilihlah aglonema yang menarik dan populer tapi jangan yang terlalu mahal juga supaya bila ada orang yang berminat harganya masih terjangkau.  Bila ditanam dalam pot, dan dibuatkan rak susun, mungkin halaman rumah anda yang lebar satu meter dan panjang tiga meter sudah dapat menghasilkan ratusan aglonema. Mudah kok, orang awam sekalipun bisa mengembangbiakannya.

3.  Jaboticaba, tanam saja satu pohon di depan rumah, rawat dengan baik, setahun 3-4 kali berbuah, dengan harga buah seratus ribu per kilonya lumayan untuk nambahin uang jajan. Eit…nanti dulu buah pohon ini bisa digunakan sebagai terapi berbagai pe-nyakit dan menyehatkan jantung juga, jadi harganya bisa melonjak sesuai kebutuhan. Karena buahnya juga banyak dicari sebagai herbal.

4.  Biwah, buahnya enak di makan tanamannya rimbun, eh siapa tahu ternyata ada yang berani bayar mahal daunnya, sekitar tiga puluh ribu perkilonya lho! Menanam dua pohon saja, lumayanlah sebulan sekali buat beli bakso dan menikmati buahnya yang segar setiap waktu karena dia tak kenal musim berbuah.

5.  Sirih merah, serius dong menanamnya, harga daunnya diatas dua ratus ribu lho perkilo. Halaman rumah anda yang kecil itu bisa dijadikan lembaran uang dengan menjual lembaran daunnya.  Jangan cuma gunakan tanaman ini sebagai hiasan saja. Please…set your mind!

6.  Wijaya kusuma, mengapa? Karena gampang membudidayakannya seperti halnya aglonema tapi harganya relative stabil tidak seperti aglonema yang harganya terus merosot. Apalagi yang jenis langka.  Yang jenis mini kepiting tak berhenti berbunga asal dirawat dengan baik. Satu pot saja yang berbunga jenis kepiting harganya diatas lima puluh ribu, lebih mahal dari anggrek kan? Padahal merawatnya jauh lebih mudah. Ada puluhan saja di depan rumah anda dalam rak susun sudah menghasilkan jutaan rupiah. Mau ?

7. Cendana, wah ini pohon besar! Kalau anda punya kebun kecil, ditanami buah sedikit atau takut dicuri orang, ditanami pohon kayu tanggung, Tanami aja cendana, tidak perlu diinokulasi seperti gaharu. Cukup tanam, rawat sampai besar.  Pohonnya tidak dibeli dengan harga pohon, tapi di timbang per kilo, fantastis bukan. Bayangkan saja anda punya 5 pohon dan panen setelah 5 tahun, lumayanlah…gak perlu kredit motor, beli aja, kalau perlu mobil gitu biar sohor sekalian…

8. Sirsak, nagka landa ini sedang populer sekarang dan akan bertambah naik permin-taannya, selain buahnya yang dimakan sebagai tonik, daun dan bijinya laku dijual. Daunnya bisa mencapai 20.000/kg, dan  bijinya pernah dijual dengan harga 250.000/kg. Terserah anda mau jual apanya sekarang

About firdausgarden

Pengusaha bidang agribisnis dan budayawan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: