RSS Feed

Membuahkan zaboticaba

Posted on

Membuahkan Jaboticaba

 

 

Jaboticaba adalah tanaman buah tropis, jadi sebenarnya cocok untuk iklim In-donesia.  Walau kenyataannya banyak orang yang menanam pohon jaboticaba ter-nyata sulit  berbuah.  Umumnya yang banyak berbuah adalah tanaman yang berada di daerah sejuk atau dingin.  Padahal di dataran rendah juga bisa berbuah.

Kuncinya terletak pada media tanam. Karena media tanam sangat berpengaruh pada iklim  yang ada di daerah tersebut. Seperti halnya bunga, ketika beda daerah maka media tanamnya juga harus diganti,sebab kalau tidak tidak akan berbuah.

Yang kedua adalah karakter akar jaboticaba yang serabut.  Tidak seperti tanaman buah lain yang memiliki akar kayu yang besar-besar, jaboticaba banyak memiliki akar serabut, karena itu media tanamnya harus bersifat gembur sehingga mudah dalam penyerapan unsur hara pada akarnya.

Yang ketiga adalah sifat batangnya.  Jaboticaba bila akan berbuah akan me-ngelupaskan kulit batangnya, bila tidak terkelupas maka bunganya akan sulit muncul karena tertutup kulit kayu yang kering.  Karena itu kulit batangnya harus dirawat sedemikian rupa sehingga sering megelupas.  Ada orang yang menyemprot batangnya dengan air pada siang hari supaya kulit batangnya mengelupas.  Ada juga yang sering menggosok-gosok batangnya dengan tangan sehingga kulitnya lepas.

Yang keempat,karena akarnya serabut dan tidak bisa menjangkau jauh maka perlu diperhatikan tanahnya jangan sampai kering, karena akarnya tak dapat menjalar jauh.  Penyiraman tanaman setiap hari pada musim kemarau sangat penting untuk membuahkan jaboticaba.

Yang kelima adalah filosofi membuahkan tanaman buah.  Pada hakekatnya berbuah adalah beregenerasi.  Dan untuk beregenerasi membutuhkan energi yang ekstra.  Karena itu pemupukan tanaman buah, apalagi tanaman dalam pot adalah sangat penting.  Jangan memupuk pada saat akan musim buah, tapi pupuklah setelah ia berbuah.  Karena pada saat berbuah ia menghabiskan energi yang banyak sehingga butuh makanan yang banyak pula.  Seperti orang yang bekerja, biasanya setelah energi terkuras akan makan dengan lahap. Betul?

Yang terakhir, bahwa jaboticaba adalah tanaman yang tidak mengenal musim berbuah, jadi bisa berbuah 3 sampai 4 kali dalam setahun.  Kuncinya adalah pada point kesatu sampai kelima.

Tanaman kami yang berukuran 1,5 meter dalam polibag karung saja dan jarang dipupuk suka berbuah, bagaimana seandainya bila dirawat dengan intensif ?  Tentu kita akan sering menikmati buah jaboticaba yang memiliki 7 rasa unik ini.

By :  Angel Nurserry

www.angelnurserry.co.cc

part.thesun@gmail.com     089638140473                                                                                                                                                                                                                

About firdausgarden

Pengusaha bidang agribisnis dan budayawan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: